Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Perusahaan percaya bahwa upaya-upaya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan lingkungan yang bermanfaat merupakan investasi jangka panjang, yang menghasilkan dampak positif bagi masyarakat dan Perusahaan, karena itu CSR merupakan keputusan yang strategis. Dengan demikian, strategi CSR Perusahaan terintegrasi dalam bisnisnya termasuk visi dan misi Perusahaan, dengan tujuan membantu mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Lingkungan
Kebijakan
Perusahaan menyadari bahwa lingkungan merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang keberlanjutan bisnis Perusahaan, serta para penyewa di kota industri MM2100. Karena itu, dalam menjalankan operasinya, Perusahaan tidak hanya memastikan bahwa kegiatan bisnisnya tidak membawa dampak negatif terhadap lingkungan, tetapi juga meningkatkan kesadaran terhadap Perlindungan dan Manajemen Lingkungan.
Kegiatan yang Diselenggarakan
Sosialisasi Standard Operating Procedure (SOP) terkait Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) diadakan Perusahaan bagi semua penyewa di kota industri MM2100 untuk penanganan limbah industri yang lebih baik, bersama-sama mengevaluasi dampaknya terhadap kegiatan usaha, serta meningkatkan pengolahan air limbah industri melalui sistem organik dan pembangunan fasilitas & infrastruktur air limbah yang terencana di dalam area komersial Kota Industri MM2100.
Di luar Kawasan Industri MM2100, Perusahaan juga memberi perhatian terhadap lingkungan Bekasi, terutama area pantainya. Pada tahun 2017, Perusahaan bekerja sama dengan PT Megalopolis Manunggal Industrial Development (MMID) menggelar kegiatan CSR yang dinamai MM2100 Peduli, di mana para penyewa Kawasan Industri MM2100 menanam 11.200 pohon bakau di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Forum Pencinta Alam Kawasan Industri MM2100 (MM2100FPAKI) dan #Savemugo Muara Gembong Movement.
Gerakan penanaman pohon bakau ini merupakan program CSR BeFa yang telah dilaksanakan 3 tahun berturut-turut. Meski demikian, Perusahaan menyadari bahwa upaya menanam pohon bakau tidak cukup untuk mengimbangi tingkat kerusakan lingkungan. Karena itu, perlu kerja sama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap pelestarian ekosistem pantai di Bekasi dan sekitarnya. Dengan harapan itulah, program ini diselenggarakan.
Aspek Sosial dan Kemasyarakatan
Kebijakan
Di dalam kawasan industri yang dihuni oleh para penyewa, masalah-masalah sosial dapat muncul, karena itu penyelesaian masalah sosial dan kesejahteraan sosial perlu dioptimalkan. Selaras dengan strategi dan program CSR-nya, Perusahaan memprioritaskan penerapan solusi di kota industri MM2100 dan wilayah Bekasi.
- Mendukung pendidikan
- Menyediakan sarana keagamaan
- Memberikan qurban
- Menciptakan peluang usaha
- Program CSR ini harus menciptakan usaha/peluang usaha yang dapat memberi manfaat bagi banyak orang.
Kreativitas dan inovasi dalam kegiatan bisnis Perusahaan semakin dibutuhkan, agar program CSR ini dapat menciptakan lapangan kerja dan kemandirian sesuai dengan harapan Perusahaan; yang pada akhirnya bertujuan mencapai kesejahteraan penduduk dan keberlanjutan di area kota industri MM2100 pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan
Kebijakan
Kebijakan manajemen dalam mengelola sumber daya manusianya bertujuan untuk mewujudkan Visi dan Misi Perusahaan, serta berusaha untuk meningkatkan sinergi dan efisiensi di antara perusahaan-perusahaan dalam Grup Argo Manunggal.
Semua kebijakan ketenagakerjaan merujuk pada Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara manajemen dan serikat pekerja, untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan memperkecil pelanggaran terhadap hak asasi manusia.
Kegiatan yang Diselenggarakan
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, program CSR ini diadakan secara rutin dan selalu dievaluasi untuk mencapai hasil maksimal, sebagai berikut:
- Terkait dengan rekrutmen, promosi, kompetensi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan, Perusahaan tidak membeda-bedakan gender. Perusahaan hanya menerapkan kualifikasi pendidikan dan kompetensi untuk setiap posisi.
- Layanan kesehatan memiliki dampak terhadap peningkatan produktivitas Perusahaan. Asuransi kesehatan bagi semua karyawan dan keluarga mereka ditanggung oleh Perusahaan. Selain itu, semua karyawan tetap lainnya mendapat layanan kesehatan berupa tunjangan asuransi dan manfaat kesehatan sesuai skema asuransi kesehatan yang diadakan pemerintah.
- Perusahaan selalu memperhatikan keselamatan karyawan dan lingkungan di kota industri MM2100. Secara berkala Perusahaan meninjau kebijakan keselamatan dan peningkatan program, mengumumkan perubahan serta memberikan instruksi khusus.
Tanggung Jawab Pelanggan
Sebagai pengembang kota industri MM2100, tanggung jawab Perusahaan terhadap pelanggan adalah memberikan layanan dan kualitas terbaik. Perusahaan berusaha memenuhi permintaan dan ekspektasi pelanggan melalui berbagai fasilitas dan aspek pendukungnya.
Kegiatan yang Diselenggarakan
Berbagai kegiatan dilaksanakan sepanjang tahun 2017 untuk keuntungan para pelanggan dan masyarakat, di antaranya:
- Jaminan keamanan 24 jam
- Penanganan limbah industri organik
- Penyediaan sarana ibadah keagamaan, olahraga, dan pusat jajan
- Pemeliharaan akses langsung/keluar ke jalan tol Jakarta-Cikampek, jalan utama, jembatan, saluran air hujan
- Pembangunan danau buatan untuk penampungan sementara air limbah setelah proses, sebelum dibuang ke luar kawasan industri
- Pembangunan jalan atau akses baru
Pembangunan Akses Baru
Pada tahun 2017, Perusahaan melakukan berbagai upaya untuk memastikan lalu lintas berjalan lancar dan aman. Hal ini termasuk bagian dari komitmen Perusahaan untuk senantiasa memberikan layanan terbaik bagi para penyewa dan masyarakat sekitar.
Akses jalan antara kawasan industri East Jakarta Industrial Park (EJIP) dan Kota Industri MM2100 telah rampung pada tahun 2017.